Rekomendasi 7 Masakan Rumahan Khas Sunda Cocok disajikan untuk Keluarga Besar

Resep Sayur Asem Betawi Sederhana Rumahan dari Retno Adiesty

Selain terkenal dengan pariwisata yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi, Jawa Barat juga tidak luput dari olahan kulinernya yang beragam. Berbicara soal makanan, Provinsi yang satu ini memang berkaitan erat dengan sentuhan budaya Sunda.

Makanan rumahan khas Sunda terkenal dengan penyajian yang sederhana, dominasi pedas, sayuran segar, hingga bahan masakan yang mudah untuk ditemukan di sekitar.

Sebagai rekomendasi para ibu dirumah yang ingin mencoba resep masak makanan khas Sunda, dibawah ini ada beberapa ide dan resep masak khas Sunda yang bisa dicoba untuk disajikan di rumah.

  1. Sayur Asem Sunda

sayur asem Sunda paling cocok dibuat pada saat siang hari. Saat cuaca panas, sayur asem sangat cocok dimakan untuk menyegarkan badan. Rasa sayur asem yang gurih dan segar paling enak jika dimakan dengan semangkuk nasi hangat, tempe goreng, ikan asin, serta sambal terasi.

Cita rasa makanan rumahan ini selalu mengingatkan akan kampung halaman. Meski menggunakan bahan yang murah dan sederhana, namun sayur ini memiliki rasa yang sangat enak.

  1. Nasi Liwet Sunda

Saat kumpul keluarga, makanan rumahan nasi liwet Sunda yang komplet dengan lauknya bisa jadi pilihan. Nasinya pulen wangi, cocok dimakan dengan teri dan petai.

Nasi liwet Sunda, merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah di dalam kastrol (panci aluminium) dan disajikan dengan cumi asin, ikan asin, pepes dan lalapan petai.
jika ingin membuat sendiri, bisa pakai cara praktis. Nasi dimasak dalam rice cooker. Lauknya bisa dipilih sesuai selera. Ikan asin, aneka pepesan, sambal hingga ayam goreng.

  1. Karedok

Karedok merupakan jenis makanan rumahan khas Sunda untuk teman nasi (saat makan). Ada tiga macam karedok khas Sunda yakni karedok leunca, karedok terong, dan karedok kacang panjang.

Sebagai makanan rumahan yang praktis untuk dibuat, karedok bukan hanya nikmat tapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. bahan-bahan sayuran yang masih mentah dan segar dipercaya memiliki nilai serat yang tinggi.

  1. Pepes Ikan Mas

Selain digoreng, ikan mas juga sangat cocok diolah menjadi pepes. Menu makanan rumahan khas Sunda ini memiliki rasa yang sedap penuh dengan bumbu.

Selain itu, tekstur dagingnya yang lembut dan bumbu yang meresap. Aroma pepes ikan mas yang kuat berasal dari bumbu-bumbu rempah, diantaranya adalah kemnagi, serai, kunyit, jahe, dan lengkuas.

  1. Empal Gepuk Daging

Salah satu hidangan makanan rumahan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya. Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk (dipukul-pukul) terlebih dahulu.

Daging yang biasa digunakan pada hidangan ini adalah bagian gandik. Gandik adalah bagian yang terletak di paha bagian belakang. Bagian ini memiliki sedikit lemak dan didominasi oleh daging.

Empal memiliki perpaduan cita rasa gurih, manis, dan asam. Karena diungkep dan digepuk, hidangan ini memiliki tekstur yang empuk

  1. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan rumahan khas Cirebon. Hidangan ini tampak seperti gulai. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya.

Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan. Empal gentong juga bisa ditambah dengan jeroan seperti hati, usus, dan babat. Secara tradisional, empal gentong dimasak dengan kayu bakar.

  1. Sate Maranggi

Sate maranggi khas Sunda biasa disajikan tanpa siraman saus atau bumbu kacang. Sebab, citarasa dagingnya sudah cukup kuat dari hasil marinasi (rendaman) bersama racikan bumbu dan rempah. Sate ini biasa terhidang bersama lontong atau nasi timbel sesuai selera.